Jumat, 14 November 2008

Jelang Liga Inggris: Waspada MU, Stoke Punya 'Delapidator'!


Manchester - Old Trafford akan kedatangan Stoke City akhir pekan ini. Meski berstatus tim promosi, Stoke punya 'Delapidator' dan permainan fisik yang sebelumnya telah menghancurkan Arsenal. 'Setan Merah' pun diminta waspada.

Berstatus sebagai tim promosi, Stoke sejauh ini masih mampu menghadirkan diri di papan tengah, tepatnya di posisi 12, hasil dari empat kemenangan, dua kali imbang dan enam kekalahan.

Dari penampilannya sampai dengan pekan ke-12, beberapa hasil Stoke yang patut dicatat adalah kemampuannya menekuk salah satu tim 'big four' Inggris, Arsenal, dengan skor 2-1.

Saat itu, dua gol kemenangan Stoke sama-sama diawali dengan lemparan ke dalam Rory Delap. Bukan sembarang throw in karena bola yang dilemparnya bisa melambung tinggi, mengarah jauh ke depan, dan langsung menghunjam pertahanan lawan untuk diteruskan rekannya ke dalam gawang.

'Delapidator', begitu sebagian orang menyebut Delap dan lemparan ke dalamnya, bak ingin menyejajarkan gelandang 32 tahun itu dengan sosok 'Terminator' atau bisa dibilang 'Sang Pembunuh'.

Akan tetapi, yang harus diwaspadai lini belakang Manchester United bukan lemparan bebas 'Delapidator' belaka. Gaya main Stoke juga menuntut Rio Ferdinand cs harus siap adu fisik.

"Anda harus bisa bertahan menghadapi aspek fisik dan bersiap-siap untuk menghadapi bola-bola dari sayap, entah itu dari umpan silang, sepak pojok atau lemparan ke dalam jauh dari Rory Delap," sergah eks pemain 'Red Devils' Frank Stapleton di situs resmi MU.

Stapleton yang mengawali karir bersama Arsenal (1974-1981) sebelum hijrah ke MU (1981-1987) mengaku sudah beberapa kali melihat Stoke bermain dan menilai kalau klub tersebut punya gaya yang sulit dihadapi. "Itu sudah jadi culture shock buat beberapa tim. Akan menarik melihat bagaimana United menyesuaikan diri."

"Tak diragukan lagi Stoke akan tampil langsung (ke arah kotak penalti). Tapi yang terpenting, United tak boleh mengubah cara mereka bermain," saran Stapleton.

Selain Arsenal, Stoke sudah menekuk sejumlah tim Premiership lain seperti Aston Villa, Tottenham Hotspur dan Sunderland. Selain itu, mereka juga mampu menahan imbang tanpa gol Liverpool 0-0

Tidak ada komentar: