Rabu, 05 November 2008

Geser Valencia, Barca Puncaki Klasemen


Malaga - Barcelona akhirnya merebut tampuk pimpinan klasemen sementara dari tangan Valencia usai menundukkan Malaga 4-1. Los Ches sendiri harus takluk di tangan Racing Santander 2-4.

Pada pertandingan yang berjalan di Estadio La Rosaleda, Minggu (2/11/2008) dinihari WIB, Barcelona tampil relatif lebih dominan ketimbang Malaga. Statistik pertandingan mencatat bahwa Barcelona memenangi penguasaan bola dengan 56:44.

Barcelona membuka kemenangan atas Malaga pada menit kelima ketika tendangan bebas Xavi hernandez menghujam gawang Malaga yang dikawal Francesc Arnau. Namun, tuan rumah tak tinggal diam menerima gol tersebut. Mereka langsung membalsanya lewat gol Duda di menit 13. Skor berubah menjadi 1-1.

Lionel Messi membuat El Barca kembali meraih keunggulan pada menit 19. Sepakan kaki kiri pemain asal Argentina ini menghujam sisi pojok kiri gawang Malaga. Ini merupakan gol keenam Messi di La Liga musim ini.

Masuknya Thierry Henry emakin menambah daya gedor pasukan Josep Guardiola. Hasilnya Barca memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-1 pada menit 52 setelah sundulan Henry diteruskan dengan sepakan oleh Xavi dan sukses menjebol gawang Malaga.

Barca akhirnya menutup pertandingan dengan skor 4-1 setelah pada menit 81 pemain Malaga, Robson, melakukan gol bunuh diri.

Ini merupakan kemenangan keenam Barca dalam enam pertandingan terakhir. Los Blaugranas mencetak torehan fantastis dalam enam laga tersebut, yakni total mencetak 18 gol dan hanya kebobolan tiga gol.

Hasil ini menempatkan Barca di puncak klasemen sementara dengan total nilai 22, menggeser Valencia yang pada hari yang sama dikalahkan Racing Santander 2-4.

Valencia Kandas di Kandang

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Mestalla, Valencia tertinggal lebih dulu di menit 23 ketika sepakan kaki kanan Mohammed Tchite tak mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Renan Brito.

Lima menit berselang Villa akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah eksekusi tendangan penaltinya tak mampu dihadang oleh kiper Tono. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Tchite kembali membuat pendukung Santander bersorak di menit 49 ketika tednangan kaki kanannya lagi-lagi tak mampu dihalau oleh Renan. Santander unggul 2-1.

Joaquin Sanchez sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit 70. Gol tersebut diawali sebuah sepak pojok yang kemudian disontek oleh Joaquin dengan kaki kiri ke arah tiang dekat.

Tetapi 10 menit kemudian Tchite kembali membuat Santander unggul. Umpan crossing Pedro Munitis sukses disundulnya ke arah gawang dan jala Valencia kembali bobol.

Bukannya menyamakan kedudukan kembali, Los Ches malah harus kebobolan di menit 84 setelah David Albelda mencetak gol bunuh diri. Alhasil Valencia pun harus puas gagal memetik angka penuh dalam laga ini. Mereka takluk 2-4.

Hasil ini membuat posisi mereka turun ke urutan tiga klasemen sementara dengan nilai 20. Posisi mereka juga dilewati oleh Villareal yang pada saat bersamaan sukses menekuk Athletic Bilbao 4-1.

Susunan Pemain:

Malaga: Arnau, Robson, Helder Rosario, Calleja, Gamez, Angel, Apono (Fernando 68), Adrian (Nacho 61), Nabil Baha, Eliseu, Duda (Luque 76).

Barcelona: Valdes, Marquez, Pique, Puyol, Dani Alves, Toure, Busquets, Xavi, Iniesta (Henry 50), Eto'o (Bojan 85), Messi (Sanchez 79).

Valencia: Renan, Alexis (Marchena 68), Raul Albiol, Moretti (Morientes 62), Miguel, Fernandes (Baraja 62), Albelda, Vicente, Joaquin, Villa, Mata.

Racing Santander: Tono, Marcano, Cesar, Sepsi, Pinillos, Racen, Colsa, Serrano, Munitis, Jonathan, Tchite.

Tidak ada komentar: